Kamis, 30 Agustus 2012

NaOogst Cigar "Cerutu Jember Mendunia"

Melayani Pemesanan Berbagai Jenis Cerutu Jember Baik Eceran Maupun Grosir Untuk Seluruh Indonesia dan Export ke Luar Negeri. Kami menghasilkan cerutu dari daun tembakau terbaik berasal dari Jawa, Sumatra dan Brasil yang digunakan sebagai wrapper, binder dan filler. Bahan baku disiapkan oleh PTPN X, sebuah Badan Usaha Milik Negara yang telah berpengalaman lebih dari 100 tahun dalam pengelolaan perkebunan tembakau sehingga merupakan jaminan dalam kualitas untuk memenuhi keinginan anda

Sejarah Tembakau Jember

Di mata para juragan hecho en Cuba alias cerutu Kuba, Indonesia ibarat la tierra prometadora, sebuah tanah yang menjanjikan. Jangan heran. Kuba maupun negara-negara penghasil cerutu terbaik sedunia tak pernah alpa menoleh ke Indonesia saban kali mereka membutuhkan bahan baku cerutu.

Dunia internasional juga mengenal Besuki Na Oogst (BNO), daun tembakau yang dihasilkan di Besuki, Jember, yang cocok dipakai sebagai pembalut, pengikat atau pembungkus, bahkan pengisi cerutu. Tembakau Besuki, yang mengharumkan nama Jawa Timur, unggul dalam karakter elastisitas, rasa, serta warna daun yang cokelat kehitaman.

Tradisi cerutu Indonesia berasal dari Belanda. Tak jelas, apa dan siapa pabrik cerutu pertama di Hindia Belanda. Namun, yang tertua dan masih bertahan sampai sekarang adalah Industri Bobbin PTPN X di Desa Jelbuk, Jember. "Usia tembakau di sini hampir dua abad," ujar Kuntjoro, konsultan sekaligus pengelola Bobbin PTPN X Jelbuk, Jember.

Dari dulu, Jember terkenal dengan tembakaunya. Tembakau Jember diekspor ke Bremen, Jerman. Tembakau Jember dimanfaatkan terutama untuk bahan pembalut cerutu (dekblad) selain sebagai bahan pengikat (binder) serta pengisi (filler) aroma cerutu yang berkualitas tersebut. Tembakau dari Jember itu tidak kalah dengan cerutu Kuba maupun Amerika.

Lebih dari dua abad lamanya tembakau ini ada dan tumbuh di daerah Jember. Mulanya, adalah George Bernie yang mendapatkan hak erfpacht atau hak guna usaha untuk jangka waktu 75 tahun di daerah Jember di Jenggawah. Ia menggarap areal perkebunan ini untuk usaha perkebunan tembakau jenis BNO (Besuki Na Oogst)

Zaman pun berganti perkebunan tersebut lalu dikelola oleh badan hukum milik Pemerintah Hindia Belanda. Setelah pendudukan Jepang, perusahaan ini kemudian dinasionalisasikan. Terhadap lahan perkebunan itu sempat timbul konflik antara petani dengan PT Perkebunan (PTP) XXVII. Konflik ini bisa diselesaikan. Petani memperoleh hak milik atas lahan tersebut. PTP XXVII, XIX, XXI, dan XXII pada tahun 1996 kemudian melebur menjadi PT Perkebunan Nusantara X.

Masyarakat setempat biasa menanam tembakau. Sampai-sampai tanaman tembakau menjadi trade mark Kabupaten Jember. Tidak mengherankan bila pemerintah kabupaten memakai daun tembakau sebagai salah satu gambar yang menghias lambang daerahnya.

1 komentar:

  1. ISI DAN JUDUL BLOG ANDA ADALAH PLAGIAT DARI BLOG SAYA
    Mohon etika intelektual anda digunakan, karena plagiat dalam bentuk apapun tidak bisa dibenarkan. Anda menjiplak judul dan isi blog saya TANPA IJIN dan tidak pernah ada pemberitahuan pada saya.... harap anda memahami hal itu

    NR. Panca Hidhayad, S.Hut, MM
    www.cerutujember.blogspot.com

    BalasHapus